Rabu, 29 Juli 2020

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI SEKTOR INDUSTRI JASA KEUANGAN | ETIKA PROFESI | 1




MENGENAL SEKTOR INDUSTRI JASA KEUANGAN

1.PENGERTIAN SEKTOR INDUSTRI JASA

Definisi umum sektor industri jasa/tersier adalah menghasilkan suatu jasa dari produk akhir seperti pada sektor industri produksi/sekunder.Tiga sektor ekonomi adalah :

a.Sektor primer adalah sektor yang mengambil seluruh bahan dari alam secara langsung. Misalnya pertanian, perikanan, kehutanan.
b.Sektor sekunder adalah sektor mengolah hasil dari sektor primer menjadi barang jadi. Misalnya konstruksi, manufaktur (produksi).
c.Sektor tersier adalah sektor penghasil jasa. Misalnya perbankan,transportasi.

Kadang sebuah sektor tambahan, “sektor kuartener” diartikan sebagai berbagi informasi (yang secara normal dimiliki oleh sektor tersier).

Bisnis sektor jasa yang semakin meningkat berfokus pada ide “ekonomi pengetahuan” dengan memahami apa yang diinginkan konsumen dan bagaimana mengirimkannya dengan cepat dan efisien.

Satu contoh baik dari hal ini ialah industri perbankan yang telah mengalami perubahan besar beberapa tahun belakangan ini. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, bank dengancepat mengurangi jumlah staf yang dibutuhkan. Banyak  omunitas bank dan bangunan telah bergabung untuk membentuk bisnis yang lebih ramping yang mampu menghasilkan lebih banyakkeuntungan dari basis pengguna luas. Kunci proses ini adalah memperoleh informasi mengenai pengguna jasa dan memberikan mereka produk-produk baru.


2.PENGERTIAN SEKTOR INDUSTRI JASA KEUANGAN

Menurut DFID (Department For International Development) sektor keuangan adalah seluruh perusahaan besar atau kecil, lembaga formal atau informal di dalam perekonomian yang memberikan pelayanan keuangan kepada konsumen, para pelaku bisnis dan lembaga-lembagakeuangan lainnya. Dalam pengertian yang lebih luas, meliputi segala hal mengenai perbankan, bursa saham (stock exchanges), asuransi, credit unions, lembaga keuangan mikro dan pemberi pinjaman (money lender).

Jasa Keuangan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk jasa yang disediakan oleh industri keuangan. Jasa keuangan juga digunakan untuk merujuk pada organisasi yang menangani pengelolaan :
-Dana Bank
-Bank Investasi
-Perusahaan Asuransi
-Perusahaan kartu kredit
-Perusahaan pembiayaan konsumen dan Sekuritas

Merupaka contoh perusahaan dalam industri ini yang menyediakan berbagai jasa yang terkait dengan uang dan investasi. Jasa keuangan adalah industri dengan pendapatan terbesar di dunia, pada tahun 2004 industri ini mewakili 20% kapitalisasi pasar.


3.CIRI-CIRI ENTITAS YANG TERMASUK DALAM SEKTOR KEUANGAN

a.Tidak memproduksi suatu barang
b.Tidak memiliki persediaan bahan baku
c.Aktifitasnya lebih mengarah keinvestasi
d.Mayoritas pengeluaran untuk membayar pegawai
e.Memiliki sumber permodalan yang mayoritas dari modal sendiri atau investasi yang tidak memiliki bunga tinggi
f.Aktiva dineracanya mayoritas terdiri dari piutang, kas dan asset tetap.


Previous Post
First

0 komentar: