Langsung ke konten utama

RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN | OTKK | 1



RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN

Kalian tentu sering mendengar istilah administrasi keuangan. Kata administrasi keuangan yang kita ketahui biasanya diartikan sebagai proses pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh organisasi baik pemerintah maupun swasta. Keberadaan administrasi keuangan bagi organisasi mutlak adanya karena setiap organisasi pasti memiliki sumber keuangan yang harus dialokasikan dengan baik agar tujuan organisasi dapat tercapai. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai administrasi keuangan, apakah kalian tau apa itu administrasi keuangan? Pada modul ini nanti akan kita bahas bersama-sama mengenai pengertian, fungsi, tujuan,, manfaat, sampai dasar pengelolaan administrasi keuangan secara lengkap. Simaklah uraian materi berikut ini!

 

1. Pengertian Administrasi Keuangan

a. Administrasi adalah proses kerjasama sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan .

b. Pengertian keuangan adalah kegiatan mengolah uang untuk melakukan transaksi pembayaran.

c. Pengertian administrasi keuangan oleh para ahli :

1). Menurut Simon : administrasi keuangan adalah proses pengelolaan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama.

2). Menurut The Liang Gie : administrasi keuangan merupakan proses pengurusan atau penyelenggaraan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam setiap usaha kerjasama.

d. Pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit (tata usaha keuangan) adalah pencatatan keluar masuknya uang untuk membiayai suatu kegiatan organisasi

e. Pengertian administrasi keuangan (pengelolaan keuangan) dalam arti luas adalah pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan maupun pemanfaatan keuangan yang kegiatannya meliputi perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan.

2. Komponen Administrasi Keuangan

a. Perencanaan keuangan adalah kegiatan merencanakan penerimaan dan pengeluaran uang.

b. Penganggaran keuangan adalah membuat perkiraan secara detail pengeluaran dan pemasukan keuangan.

c. Pengelolaan keuangan adalah penggunaan dana untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

d. Pencarian keuangan adalah mencari sumber uang untuk kegiatan perusahaan.

e. Penyimpanan keuangan adalah pengumpulan dana dan menyimpan dana dengan aman.

f. Pengendalian keuangan adalah melakukan evaluasi serta perbaikan atas sistem keuangan.

g. Pemeriksaan keuangan adalah melakukan audit atau pemeriksaan keuangan perusahaan  agar tidak terjadi penyimpangan.

 

3. Fungsi Administrasi Keuangan

Fungsi administrasi keuangan secara umum:

a.     Fungsi investasi, meliputi pengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang akan digunakan untuk berusaha mencapai tujuan. Dana tersebut dapat berasal dari modal sendiri maupun dari luar. Investasi dalam perusahaan dibagi menjadi 2 yaitu :

1). Investasi jangka pendek, yaitu investasi berupa kas, persediaan barang, piutang, dll.

2). Investasi jangka panjang, yaitu investasi berupa gedung, tanah dan peralatan produksi.

b. Fungsi mencari dana, yaitu usaha untuk mendapatkan modal untuk mendanai usaha-usaha yang dijalankan perusahaan dan memilih sumber-sumber dana yang tepat.

c. Fungsi pembelanjaan, meliputi kegiatan tentang penggunaan dana baik dana dari luar maupun milik sendiri yang digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan perusahaan.

d. Fungsi pembagian laba, yaitu dengan menentukan aturan dalam mengadakan pembagian laba usaha perusahaan.

4. Tujuan Administrasi Keuangan

a. Memperlancar proses keluar masuk uang

b. Mempermudah transaksi uang

c. Adanya bukti transaksi

d. Mengetahui kondisi keuangan diperusahaan

 

5. Manfaat Administrasi Keuangan

a. Teraturnya penerimaan dan pengeluaran uang.

b. Pemanfaatan uang dikoordinasikan dengan baik

c. Berkurangnya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.


 


Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko