Langsung ke konten utama

ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

 



ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS

1.Greet Professionally

 

Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.

 

Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.

 

2. Speak Necessarily

 

Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ketepatan waktu mereka. Berbicaralah tentang hal yang ingin mereka tanyakan atau sampaikan.

 

Waktu sangat berharga bagi personel perusahaan. Tidak perlu menanyakan hal lain di luar kepentingan klien atau personel itu. Jika kepentingannya adalah menanyakan stok barang A di gudang, cukup jawab stok barang A. Tidak perlu menyampaikan stok barang B atau C kecuali ditanyakan lebih lanjut.sangat tidak profesional jika seorang personel menanyakan hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kepada lawan bicari saat bertelepon.

 

3. Dan t Be Buggy

 

Don't be buggy maksudnya adalah jangan banyak bertanya atau menawarkan produk/jasa perusahaan. Klien yang tujuannya untuk complaint cukup bantu mereka dengan masalah mereka atau jika personalia dari perusahaan menanyakan pengiriman barang pesanan mereka, jangan berikan penawaran lain atau bertanya tentang kepuasan mereka telah membeli produk dari perusahaan kamu bekerja.

 

4. Loud and Clear

 

Loud and clear berarti keras dan jelas, maksudnya adalah ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris, hendaknya mengatakannya dengan jelas dan keras dalam arti cukup untuk didengar melalui telepon. Hindari cara bicara pelan, cepat, dan kurang jelas agar tidak membuat lawan bicara pada telepon memintamu mengulangi pernyataan yang kamu katakan.

 

Apabila kurang jelas dengan hal yang disampaikan lawan bicara lewat telepon, kamu dapat mengatakan 'pardon me' atau ’could you repeat’ yang bermaksud meminta lawan bicara untuk mengulangi hal yang mereka sampaikan. Situasi yang sama dapat terjadi jika lawan bicaramu dalam telepon meminta pengulangan, mereka mungkin menggunakan kalimat di atas untuk memintamu mengulangi hal yang kamu katakan.


Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko