Rabu, 30 September 2020

ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 9

 



ETIKA DAN BUDAYA BERTELEPON DENGAN BAHASA INGGRIS

1.Greet Professionally

 

Greet berarti menyapa. Menyapa secara profesional sangat diperlukan untuk memberikan kesan baik dan menjaga citra perusahaan. Ketika menyapa, sangat dianjurkan menggunakan sapaan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai yang telah dipelajari pada subbab sebelumnya.

 

Tidak jarang penelepon memberitahu asal negaranya atau ketika memerlukan identitasnya, kita akan menanyakan alamat perusahaannya. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa asing, tetap gunakan bahasa Inggris untuk menyapa. Jika kamu mengetahui yang sedang kamu ajak bicara dalam telepon adalah orang Prancis atau Spanyol, tetap gunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa lokal mereka dapat menyinggung dan memberikan kesan tidak profesional dalam bekerja.

 

2. Speak Necessarily

 

Speak necessarily artinya berbicaralah seperlunya. Klien atau personel perusahaan berskala internasional biasanya menjunjung tinggi kedisiplinan dan ketepatan waktu mereka. Berbicaralah tentang hal yang ingin mereka tanyakan atau sampaikan.

 

Waktu sangat berharga bagi personel perusahaan. Tidak perlu menanyakan hal lain di luar kepentingan klien atau personel itu. Jika kepentingannya adalah menanyakan stok barang A di gudang, cukup jawab stok barang A. Tidak perlu menyampaikan stok barang B atau C kecuali ditanyakan lebih lanjut.sangat tidak profesional jika seorang personel menanyakan hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kepada lawan bicari saat bertelepon.

 

3. Dan t Be Buggy

 

Don't be buggy maksudnya adalah jangan banyak bertanya atau menawarkan produk/jasa perusahaan. Klien yang tujuannya untuk complaint cukup bantu mereka dengan masalah mereka atau jika personalia dari perusahaan menanyakan pengiriman barang pesanan mereka, jangan berikan penawaran lain atau bertanya tentang kepuasan mereka telah membeli produk dari perusahaan kamu bekerja.

 

4. Loud and Clear

 

Loud and clear berarti keras dan jelas, maksudnya adalah ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris, hendaknya mengatakannya dengan jelas dan keras dalam arti cukup untuk didengar melalui telepon. Hindari cara bicara pelan, cepat, dan kurang jelas agar tidak membuat lawan bicara pada telepon memintamu mengulangi pernyataan yang kamu katakan.

 

Apabila kurang jelas dengan hal yang disampaikan lawan bicara lewat telepon, kamu dapat mengatakan 'pardon me' atau ’could you repeat’ yang bermaksud meminta lawan bicara untuk mengulangi hal yang mereka sampaikan. Situasi yang sama dapat terjadi jika lawan bicaramu dalam telepon meminta pengulangan, mereka mungkin menggunakan kalimat di atas untuk memintamu mengulangi hal yang kamu katakan.


Previous Post
Next Post

0 komentar: