Langsung ke konten utama

MENGENAL MICROSOFT EXCEL | SIMDIG | 9

 



MENGENAL MICROSOFT EXCEL

 

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.

 

A. Pengertian Workbook

Workbook adalah buku kerja tempat melakukan manajemen data yang dapat menyimpan lebih dari satu Worksheet pada Microsoft Excel. Istilah Worksheet adalah lembar kerja elektronik dimana tempat data-data tersimpan. Worksheet terdiri dari sel yang diidentifikasi dalam baris dan kolom pada Microsoft Excel. Fungsi Workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan mudah apabila diperlukan. Setiap sel dapat memuat data baik berupa string (tulisan)angka, atau formula Excel.

B. Fungsi Workbook pada Excel dan Bagian-Bagiannya

Pada gambar di atas menampilkan jendela workbook pada Excel dan pengertian masing-masing komponen disediakan dalam daftar.



1.   Title Bar - Menampilkan nama workbook yang sedang aktif atau dibuka. Secara default nama workbook pada Microsoft Excel adalah "Book1".

2.   Quick Access Toolbar - Berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan pada Microsoft Excel anda dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar.

3.   Kontrol Jendela - Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel, yaitu; maximize, minimize, dan menutup jendela Microsoft Excel.

4.   Menu Bar - Merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon adalah tempat perintah-perintah atau grup perintah yang sebagian besar dilengkapi dengan ikon perintah atau command button. Masing-masing command button mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

5.   Name Box atau Kotak Nama - berfungsi untuk menampilkan index atau nama sel yang sedang aktif.

6.   Formula Bar - berfungsi untuk memberikan formula pada sel yang sedang aktif. Anda juga dapat mendefinisikan nilai numerik maupun teks pada formula bar.

7.   Column atau Kolom - berfungsi untuk menampilkan nama kolom yang diidentifikasi dengan huruf A-XFD. Anda dapat menggunakan CTRL +  untuk menuju kolom terakhir Microsoft Excel 2016.

8.   Row atau Baris - Berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1-1048576. Anda dapat menggunakan CTRL +  untuk menuju baris terakhir Microsoft Excel 2016.

9.   Sel Aktif - Sel yang aktif berarti sel yang diarahkan pada pointer komputer dan index sel akan ditampilkan pada Name Box.

10.         Tab Worksheet - Berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet serta memilih worksheet yang akan digunakan pada lembar kerja.

11.         Lembar Kerja Excel - Adalah semua sel yang ditampilkan pada Workbook.

12.         Horizontal Scroll Bar - berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri.

13.         Vertical Scroll Bar - Berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.

14.         Page View - Berfungsi untuk mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja.

15.         Status Bar - Berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang terjadi serta rekomendasi perintah yang akan dilakukan pengguna.



Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko