Langsung ke konten utama

MENGGUNAKAN WARNA DAN OBJEK SERTA MENCETAK FILE DOKUMEN | TEKPER | 9

 



MENGGUNAKAN WARNA DAN OBJEK SERTA MENCETAK FILE DOKUMEN

1. Pemberian Warna pada Teks 

Teks dalam dokumen Microsoft Word dapat diben‘ Wama dengan cara sebagai berikut.

a.Blok teks yang akan diberi warna.

b.Klik Home, kemudian klik simbol A di grup font, dan pilih warna yang kamu sukai.

2. Pemberian Warna pada Latar Belakang Teks atau Paragraf 

Latar belakang teks atau paragraf juga dapat diberi warna. Caranya sebagai berikut.

a. Blok teks yang akan diwarnai.

b. Klik Home, kemudian klik Shading, dan pilih warna yang kamu inginkan.

3. Menyisipkan Gambar 

Gambar dalam komputer terdiri atas Shape, Clip Art, Picture, dan Smartart.Berikut ini cara untuk menyisipkan keempat Jenis gambar tersebut.

a. Menyisipkan Shapes

Cara menyisipkan Shapes dalam dokumen Microsoft Word yakni sebagai berikut.

1) I(lik Insert.

2) Klik Shapes pada grup Illustrations.

3) Pilih Shapes yang kamu inginkan.

4) Aturlah ukuran Shapes dengan kursor.

b Menymipkan Clip Art

Clip Art dapat disisipkan dalam dokumen Microsoft Word dengan cara sebagai berikut.

1)Klik Insert.

2)Klik Clip Art.

3)Klik Organize Clips atau lakukan pencarian dengan menggunakan Search for.

4)Pilihlah gambar yang akan kamu sisipkan, kemudian kopi dengan menekan Ctrl + C atau klik kanan Copy.

 

5)Paste gambar yang telah kamu kopi ditempat yang kamu inginkan dengan menekan Ctrl + V atau klik kanan Paste.

c. menyisipkan picture

Selain Clip Art, kamu juga dapat menggunakan

gambar yang kamu miliki sendiri. Caranya adalah sebagai berikut.

1)Klik Insert.

2)Klik Picture pada grup Illustrations.

3)Pilih gambar yang akan kamu sisipkan,kemudian klik Insert.

d.Menyisipkan SmartArt

Sekarang, Shapes sudah tidak lagi sering digunakan.

Pengguna lebih suka menggunakan SmartArt.Berikut ini cara untuk menyisipkan SmartArt.

1)Klik Insert.

2)Klik SmartArt pada grup Illustrations.

3)Pilih jenis kategori yang kamu inginkan.

4)Pilih SmartArt.. .

5)Klik OK.

6)Ketikkan teks di tempat yang telah disediakan,kemudian tekan X.

e.Mengatur Gambar

Gambar yang telah kamu sisipkan dapat diatur

warna, ukuran, dan posisinya. Cara mengatur gambar dapat dilakukan menggunakan Format Picture dan Format. Berikut ini penjelasan untuk keduanya.

1)Melalui Format Picture, pengaturan gambarnya adalah sebagai berikut.

a) Klik kanan gambar, kemudian pilih Format Picture.

b) Pilih pengaturan yang kamu inginkan kemudian klik Close.

2)Melalui Format pada Ribbon, pengaturan gambar akan muncul secara otomatis saat gambar disisipkan.

f.Mengatur Wrapping Text

Gambar yang disisipkan ke dalam teks dapat diatur posisinya. Caranya sebagai berikut.

a.klik gambar yang akan diatur.

b.klik Format.

c.Klik Wrapping Text pada grup Arrange. 4.Pilih posisi sesuai dengan keinginanmu.

4.Mencetak Dokumen

Mencetak dokumen dalam Microsoft Word 2010 berbeda dengan Microsoft Word 2007. Dalam Microsoft Word 2007, kita dapat mencetak dokumen terlebih dahulu di layar, kemudian mencetak dalam kertas dan yang terakhir adalah mencetak dengan cepat. Seperti yang dapat kamu lihat pada penjelasan berikut ini.

a. Mencetak Dokumen dalam Layar Monitor

Langkah-langkah untuk mencetak dokumen ke dalam layar monitor adalah sebagai berikut.

1) Klik Obcice Button.

2) Arahkah kursor pada Print.

3) . Klik Print Preview.

b.Mencetak Dokumen dalam Kertas

Setelah mencetak dokumen dalam layar monitor, sekarang kamu akan mempelajari cara mencetak dokumen dalam kertas. Berikut ini cara mencetak dokumen dalam kertas.

1) Klik File.

2) Klik Print.

3) Pilih halaman yang akan dicetak.

4). Pilih jenis printer yang akan digunakan

5) Atur jumlah rangkap yang akan dicetak. 6) Klik Print.

c. Mencetak Dokumen dengan Cepat

]ika terburu-buru mencetak sebuah dokumen; kamu jangan khawatir karena ada fasilitas mencetak cepat pada Microsoft Word, yaitu Quick Print. Namum dengan menggunakan Quick Print, kamu tidak dapat melakukan pengaturan seperti saat mencetak dokumen dengan fasilitas Print. Cara menggunakan Quick Print adalah sebagai berikut.

1) Klik Office Button.

2) Pilih Print.

3)klik quick print

 

 

 


Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko