Langsung ke konten utama

RUMUS DAN LOGIKA FUNGSI PADA MICROSOFT EXCEL | SIMDIG | 10

 



RUMUS DAN LOGIKA FUNGSI PADA MICROSOFT EXCEL

Perhitungan yang rumit seperti rata-rata dari 16 nilai, Microsoft Excel adalah alatnya.

Microsoft Excel merupakan peranti lunak yang sering digunakan sebagai aplikasi pengolah data.

Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus yang bisa Anda gunakan baik dalam perhitungan sederhana maupun perhitungan yang lebih rumit.

Hal-hal seperti pengaturan kas, perhitungan nilai rapot, hingga perhitungan hasil kuesioner dari berbagai internet form bisa dilakukan oleh Excel.

Terlepas dari fungsinya yang lengkap, ada beberapa orang yang masih belum memahami dan mengerti rumus-rumus dasar yang dapat digunakan dalam mengoperasikan Excel.

 Apa saja rumus-rumus dasar yang ada dalam Microsoft Excel?

1. SUM

Rumus Sum digunakan untuk melakukan penambahan data yang bersifat angka. Cara ini efektif apabila data yang ingin dijumlahkan merupakan data dengan jumlah yang banyak. Cara menulisnya adalah:

=SUM(Sel awal:Sel akhir)

Sel Awal = Sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan.

Sel Akhir = Sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan.

Dalam Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun Anda bisa menggunakan tanda operasi minus (-).

2. PRODUCT

Fungsi Product mengalikan semua angka dalam cel dan mengembalikan hasil kali. misalnya, jika sel a1 dan a2 berisi angka, anda dapat menggunakan rumus =product(a1, a2) untuk mengalikan dua angka itu. anda juga dapat melakukan operasi yang sama dengan menggunakan operator matematika perkalian (*); misalnya, =a1 * a2.

Cara menulisnya adalah:

=PRODUCT(Sel Awal:Sel Akhir).

3. AVERAGE

Fungsi Average berguna untuk mencari rata-rata dalam kumpulan data nominal.

Cara menulisnya adalah: =AVERAGE(Sel Awal:Sel Akhir)

4. MAX

Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data. Cara menulisnya adalah:

=MAX(Sel Awal:Sel Akhir)

5. MIN

Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data.

Cara menulisnya adalah:

=MIN(Sel Awal:Sel Akhir)

6. IF

Fungsi IF memungkinkan Anda untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil jika True atau False.

Cara menulisnya adalah:

=IF(Parameter yang diharapkan, Perintah untuk kondisi benar, Perintah untuk kondisi Salah)

Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika parameter Anda “Benar” dan jika perbandingan parameter Anda “Salah”.

Itulah beberapa rumus dasar yang harus diketahui oleh Anda yang baru belajar menggunakan Microsoft Excel. Beberapa rumus diatas juga bisa dikembangkan menjadi fungsi yang lebih tinggi lagi tergantung dengan data yang ingin Anda cari


Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko