Rabu, 30 September 2020

STRUKTUR ORGANISASI | ADUM | 10

 



STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi adalah sebuah susunan berbagai komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi yang terdapat pada masyrakat.

Struktur organisasi juga dibuat dalam perusahaan, sekolah, yayasan, koperasi dan lainnya.

Struktur organisasi juga berarti susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telak dikoordinasikan dan juga terdapat adanyaberbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan.

Dan ketika akan mengajukan izin organisasi, para pengurus harus melampirkan struktur organisasi berikut nama-nama pengurusnya.

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun beberapa fungsi atau kegunaan struktur organisasi akan dijelaskan selengkapnya dibawah ini:

1. Kejelasan Tanggung Jawab

Setiap dari anggota organisasi harus mempunyai tanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggung jawabkan. Setiang anggota sebuah organisasi tentu saja harus mempunyai tanggung jawab terhadap atasan atau pimpinannya yang sudah memberikan kewenangan, sebab pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut perlu di pertanggung jawabkan. Itulah kegunaan struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.

2. Kejelasan Kedudukan

Fungsi dari kejelasan kedudukanadalah setiap anggota atau seseorang yang terdapat dalam struktur organisasi sesungguhnya bisa mempermudah dalam melaksanakan koordinasi dan juga hubungan, karena adanya keterkaitan dalam penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

3. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi mengenai kejelasan jalur hubungan adalah, dalam melakukan tanggung jawab dan pekerjaannya setiap pegawai dalam suatu organisasi maka akan diperlukan sebuah kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien serta dapat saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan Uraian Tugas

Fungsi dari kejelasan uraian tugas adalah, didalam struktur organisasi akan sangat membantu apabila pihak atasan atau pimpinan dapat melakukan controlling (pengawasan) maupun pengendalian dan juga bagi bawahan akan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya, sebab perintah yang jelas.

BENTUK – BENTUK ORGANISASI

 

Ada berbagai macam bentuk organisasi diantaranya adalah:

 

1.    Organisasi Staff {Staff Organization}

2.    Organisasi Garis {Line Organization}

3.    Organisasi Fungsional {Functional Organization}

4.    Organisasi Staff dan Garis {Line and staff Organization}

5.    Organisasi Garis dan Fungsional {Line and functional Organization}

6.    Organisasi  Fungsionald dan Staff

7.    Organisasi Garis, Functional dan Staff {Line, Functional and staff organization}

8.    Organisasi Panitia {Committee Organization}

 

Dari macam bentuk organisasi diatas dikonsentasikan kepada beberapa bentuk organisasi diantaranya:

 

1. Organisasi Jalur  {Line Organization}

Bentuk organisasi yang mempunyai hubungan interelasi atau keterkaitan  dengan adanya garis komando sentra  dari atasan kepada bawahan. Pimpinan mempunyai kekuasaan tunggal atas sgala ketentuan, keputusan atau segala kebijaksanaan ada di tangan satu orang yaitu pimpinan didalam bentuk organisasi ini lebih bersifat otoriter.

 

2. Organisasi Staff dan Garis {Line and Staff Organization}

Bentuk organisasi dimana pucuk pimpinan mempunyai staff sebagai pembantu yang tidak memiliki kewenangan memberi komando tetapi mempunyai suatu andil untuk memberi nasihat dan memberikan suatu pertimbangan terhadap suatu hal atau masalah sesuai dengan keahliannya

 

3. Organisasi Fungsional {Functional}

Bentuk organisasi yang mempunyai suatu kinerja atau sistem pola kerja yang didasarkan kapada keahlian. Tiap-tiap fungsi saling berhubungan karena antara satu fungsi dengan lainnya saling bergantung. Dengan demikian wewenang dalam organisasi fungsional dilimpahkan oleh pucuk pimpinan kepada unit-unit {satuan organisasi} berhak untuk memerintah kepada semua pelaksana yang ada dibawahnya sepanjang menyangkut bidang tugas masing-masing.

 

 


Previous Post
Next Post

0 komentar: