Langsung ke konten utama

BAGIAN - BAGIAN SURAT BAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 13

 MAPEL : KORESPONDENSI

Silahkan dirangkum dan kirim via WA

BAGIAN - BAGIAN SURAT DALAM BAHASA INGGRIS


1) Heading / Letterhand (kepala surat)
Sering disebut kepala surat yaitu bagian kop surat yg terletak pada bagian atas surat.
Contoh :
PT MANUNGGAL JAYA
Home and Overseas Maschant.
50 pintu 1Senayan Jakarta
Phone (021) 7876544, Email:
manunggal_jaya@yahoo.com
_______________________________. 

2) Reference Line (inisial )
Reference Line yaitu inisial (singkatan nama orang yang menandatangani dan mengetik surat tersebut). Umumnya dicantumkan di sudut atas sebelah kiri sejajar dengan deteline dan di bawah heading.
Contoh :
Ref. HH/AP/B9

Keterangan: - HH = inisial penandatangan
- AP = inisial pengetik surat
- B9 = nomor filing intern



3) Dateline
Dateline terdiri dari tanggal, bulan dan tahun penulisan surat.Ditulis sejajar dengan reference line disebelah kanan.
Dateline terbagi 2 cara penulisan yaitu :

A. British Style
contoh : 6 th May , 2011

B. American style
contoh : May 6 th , 2011



4) Inside Adrres (alamat tujuan)
Inside Adrres yaitu nama lengkap dan alamat perusahaan / orang yang dikirimkan surat. Ditulis antara 4-6 dibawah reference line.
contoh :
Mr. Father Jhon, Sales Manager PT Citra Jaya
Papandayan street No.11, Bandung
West Java, Indonesia



5) Attention Line (nama orang yang dituju)
Attention line ditulis 2 spasi digunakan untuk surat agar cepat sampai ke alamat yang dituju.
Contoh :
Mr. Father John



6) Salutation ( Salam pembuka)
Salutation / salam pembuka ditulis 1 baris setelah Attention line.
Contoh :
Dear sir,
Dear sirs,



7) Subject Line (perihal surat)
Subject line ditulis 2 baris setelah Salutation. Tujuannya untuk memberi kemudahan kepada pembaca perihal isi serta maksud tujuan surat.
Contoh :
TOYOTA FORKLIFT





8) Body of Letter (isi surat)
Body of letter ditulis dibawah 2 baris setelah subject line. Body of letter terbagi kedalam 3 line yaitu :
A. Opening paragraph
contoh : Thank you for your letter of
B. Message of the letter
Isi dari surat.
C. Closing paragraph
contoh : We thank you for your interest



9) Complimentary Close ( salam penutup)
Complimentary close adalah salam penutup. Ditulis 2-3 baris setelah body of letter / closing paragraph .
contoh :
-Your faithfully
- Yours sincerely



10) Signature ( tanda tangan )
Signature ditulis setelah Complimentary close.
Contoh :
Yours faithfully
for MACDONALD & EVANS (publications) Ltd

(Tanda tangan)

Haris harry M.Se
President Director



11) Enclosure (lampiran)
Enclosure ditulis jika melampirkan suatu barang dalam surat yang dikirimkan. Ditulis di bagian bawah sebelah kiri setelah signature 2-3 baris dibagian bawah sebelah kiri . Penulisannya Encl / Incl.
contoh :
Encl : catalogue
Incl : Invoice (faktur)



12) Carbon Copy Notation ( tembusan surat)
Carbon copy / CC yaitu tembusan / tindakan yang suratnya dikirimkan kepada orang / badan lain untuk diketahui. Ditulis dibawah Enclosure 2-3 baris.
Contoh :
CC : Mr. John Lennon



13) Postcript Notation
Postcript / PP Ditulis di bagian bawah surat sebelah kiri, jika penulis teringat akan sesuatu hal yang perlu disampaikan setelah surat itu selesai. Ditulis setelah CC.
Contoh :
PS. Please return the duplication.

Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko