Langsung ke konten utama

FUNGSI-FUNGSI ADMINISTRASI | ADUM | 11

FUNGSI-FUNGSI ADMINISTRASI

PENGERTIAN MANAJEMEN

Untuk mengetahui pengertian manajemen yang lebih dalam, berikut ini adalah definisi manajemen menurut para ahli:

Mary Parker Foleot

Mary mendefinisikan manajemen sebagai sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini bisa berarti tugas seorang manajer adalah mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Namun definisi ini bisa juga disalah artikan oleh beberapa orang yang mencari-cari kesalahan, karena ada orang lain yang membantu menyelesaikan pekerjaan.

Henry Fayol

Henry Fayol mendefinisikan manajemen hampir sama dengan para ahli lain, yaitu sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. 

Lawrence A. Aplley

Menurut Lawrence A. Appley, definisi manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menggerakkan orang lain agar mau menyelesaikan sesuatu. 

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

1.Planning (Perencanaan)

Planning adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai dan cara mencapainya yang didasarkan pada metode atau logika tertentu dan rasional.

2.Organizing (Pengorganisasian)

Organizing adalah proses mengatur dan mengalokasikan tugas, pekerjaan, wewenang, dan peran-peran, termasuk koordinasi hubungan antarbagian, baik secara vertikal maupun horizontal dalam suatu struktur yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan

3.Actuating (Pelaksanaan)

Actuating adalah usaha menggerakkan anggota kelompok, sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.

4.Resourcing (Pengaturan Sumber Daya)

Resourcrng adalah pengaturan sumber daya dalam memlasrhlasr sumber daya yang dubutuhkan untuk setlap kegiatan pencapalan tu1uan organrsasr

5.Communicating (Komunikasl)

Communicating adalah keglatan mengomunukasrkan semua mlormasu yang berkaltan dengan tugas, fungsr, dan tanggung lawab kepada semua sumber daya yang ada. Dengan demlkuan, mereka mengetahui dan memahami tugas serta fasmtas yang dubutuhkan dan dlmiliki untuk mengerjakannya.

6.Leading (Kepemimpinan)

Leading adalah kegiatan memengaruhi atau menggerakkan penlaku manusia anggota organisasi, baik secara individu maupun kelompok, serta mengarahkan mereka dalam pelaksanaan tugas-tugas. Dengan demikian, tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.

7.Motivating (Pemberian Motivasi)

Motivating adalah kegiatan memberikan motivasi, inspirasi, semangat, dan dorongan kepada pegawai melalui pemahaman motivasi yang ada di dalam dan di luar diri pegawai. Hal ini bertujuan untuk membantu pegawai mencapai produktivitas kerja yang optimal.

8.Controlling (Pengawasan)

Controlling adalah proses pengukuran pelaksanaan kerja atau kinerja aktual dengan membandingkan hasil dan standar organisasi, serta tujuan. Selain itu, pada tahap ini, diambil tindakan korektif jika dibutuhkan/terjadi masalah.

9.Coordinating (Koordinasi)

Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan dan kekosongan kegiatan dengan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan bawahan. Dengan demikian, terjalin kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

10.Staffing (Melengkapi Tenaga Kerja)

Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak tahap merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap pegawai berdaya guna maksimal bagi perusahaan.

11.Commanding/Directing (Memerintah)

Commanding atau Directing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran. perintah-perintah, atau instruksi kepada bawahan dalarn melaksanakan tugas masing-masing. Hal ini bertujuan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

12.Budgeting (Menyusun Anggaran)

Budgeting adalah fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan, baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang.

13.Reporting (Pelaporan)

Reporting adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau pemberian keterangan mengenai segala hal dan kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi. Pelaporan dilakukan secara lisan atau tertulis sehingga penerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas pegawai yang memberi laporan.

14.Forecasting (Peramalan)

Forecasting merupakan kegiatan meramalkan, memproyeksikan: atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.

Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko