Langsung ke konten utama

MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT | SIMDIG | 11


 

MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT

 

A.    Pengertian Microsoft Powerpoint

 

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

 

B.    Fungsi dan Kegunaan Microsoft Powerpoint

 

Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :

1.Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.

2.Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.

3.Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

4.Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

 

C.    Sejarah Microsoft Powerpoint

 

Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint. Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector). Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh  berwarna muncul dipasaran. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint seharga 14 juta dollar. Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition. Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.

 

D.    Kelebihan Microsoft Office PowerPoint 

 

Keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :

1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.

3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.

4. Dapat mengedit foto secara langsung.

5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.

6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).

 

FITUR-FITUR MICROSOFT POWER POINT

 

1. Office Button

 

Fitur ini merupakan fitur yang terletak di ujung atas sebelah kiri. Fitur ini berisi menu-menu pokok dari poserpoint, saat ikon tersebut di klik nantinya akan muncul sub-sub menu yang berkaitan dengan pengolahan dokumentasi presentasi, seperti :



  • membuat slide presentasi baru (New)
  • membuka dokumen presentasi (Open)
  • menyimpan dokumen presentasi (Save)
  • menyimpan dokumen presentasi sebagai file baru (Save As)
  • mencetak dokumen presentasi (Print)
  • mengirim dokumen presentasi (Send)
  • melakukan publish dokumen presentasi (Publish)
  • dan keluar dari program (Close)

Catatan : dibeberapa versi terbaru microsoft powerpoint logo windows ini sudah digantikan menjadi tab yang bernama file, jadi jangan bingung nantinya apabila logo windows tidak ada pada versi powerpoint yang baru seperti 2010 dan diatasnya.

 

2. Quick Access Toolbar

 

Fitur ini terletak disebelah ikon office button diatas sebelah kiri layar. Fungsi dari Quic Access Toolbar ini adalah sebagai fitur yang memberikan tool-tool yang sering digunakan yang diwakili dengan ikon gambar yakni :

  • Menyimpan (Save)
  • Kembali kebelakang (Undo)
  • Kembali kedepan (Rudo)
  • Menggandakan (Repeat Typing)

3. Tittle Bar

 

Fitur ini merupakan fitur yang menampilkan judul dari presentasi yang kita buat, letaknya berada di tengah-tengah paling atas. Fitur ini berguna agar kita tidak lupa mengenai apa presentasi yang telah kita buka itu.

 

4. Clipboard

 

Clipboard biasanya digunakan untuk menampun sementara file-file hasil kopian, hasil pemotonan dan format painter. Selain dari itu submenu yang disediakan clipboard ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan. Clipboard ini berada pada tab "Menu"

 

5. Tab Menu Bar

 

Fitur ini berisi kumpulan menu yang mewakili perintah-perintah didalam presentasi. tab menu ini terdiri dari

  • Home
  • Insert
  • Design
  • Animations
  • Slide Show
  • Review
  • View

6. Toolbox

 

Fitur ini berada diatas paling ujung sebelah kanan, fitur ini berisi kumpulan tombol yang mengatur tampilan jendela dari pada powerpoint. Tombol-tombol yang ada yakni

  • Minimize : berfungsi untuk memperkecil jendela powerpoint sehingga membentuk ikon aktif pada taskbar
  • Restore : berfungsi untuk mengembalikan jendela powerpoint ke posisi dan ukuran semula, tombol ini apabila powerpoint dalam keadaan full desktop maka namanya adalah tombol restore namun apabila diklik nanti layar powerpoint akan menjadi lebih kecil dan tombol berubah menjadi Maximize.
  • Close : tombol bergambar silang berwarna merah ini tentunya memiliki fungsi untuk menutup powerpoint.

7. Layout Slide/Area Outline

 

Fitur layout slide adalah fitur yang menampilkan vesi kecilnya dari slide-slide yang telah kita buat, sedangkan disebelahnya yakni outline berfungsi untuk menampilkan slide yang bersikian judul dan materi

 

8. Toolbox View

 

Fitur ini berguna untuk melihat format dari tampilan slide dalam layar yang terdiri dari normal, slide forter dan slide show. Fitur ini terletak pada bagian bawah sebelah kanan aplikasi powerpoint.

 

9. Toolbar Drawing

 

Fitur ini terletak pada tab "Menu" dan berguna untuk melakukan penggambaran sederhana dalam program microsoft powerpoint seperti menggambar persegi, persegi panjang, lingkaran, oval dan bentuk-bentuk lainnya yang berguna untuk menunjang presentasi nantinya.

 

10. Area Slide

 

Bagian ini merupakan bagian lembar kerja dalam microsoft powerpoint yakni tempat dimana kamu mengolah slide presentasi kamu dengan kreasi dan kreatifitas yang kamu punya.

 

11. Area Catatan / Status bar

 

Fitur ini terletak persis dibawah area slide atau lembar kerja powerpoint, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mempermudah dan membantu kita dalam penyajian materi dalam presentasi nantinya.

 

12. Zoom

 

Fitur ini terletak pada bagian paling bawah sebelah kanan layar power point, atau disebelah toolbox view, yang berfungsi untuk memberbesar dan memperkecil ukuran dari lembar kerja powerpoint yang dapat kita sesuaikan sesuai dengan keinginan.

 

Itulah fitur-fitur yang ada didalam microsoft powerpoint yang harus kamu ketahui, karena fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang paling umum dan sering digunakan ketika berhadapan dengan microsoft powerpoint.

 

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam belajar program presentasi ini yang tentunya berguna dalam dunia kerja, dan semoga ilmu anda mengenai powerpoint juga akan semakin bertambah.

 

 

 

Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko