Langsung ke konten utama

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA

A.    PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA

Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda.

Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.

 

B.    FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA

1.    Faktor manusia

Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja.

2.    Faktor material atau peralatannya

Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja.

3.    Faktor sumber bahaya, meliputi:

Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri.

Kondisi/keadaan bahaya, misalnya lingkungan kerja yang tidak aman serta pekerjaan yang membahayakan.

4.    Faktor lingkungan kerja yang tidak sehat

Misalnya kurangnya cahaya, ventilasi pergantian udara yang tidak lancar dan suasana yang sumpek.

Menurut Thomas (1989)  macam-macam kasus kecelakaan kerja dapat di klasifikasikan menjadi delapan jenis

1.    Terbentur

2.    Membentur

3.    Terperangkap

4.    Jatuh dari ketinggian

5.    Jatuh pada ketinggian yang sama

6.    Pekerjaan terlalu berat

7.    Terkena aliran listrik

8.     Terbakar

 

 Jenis kecelakaan menurut jenisnya

1.    Terjatuh

2.    Tertimpa benda jatuh

3.    Tertumbuk atau terkena benda

4.    Terjepit

5.    Gerakan yang melebihi kemampuan

6.    Pengaruh suhu tinggi

7.    Terkena arus listrik

8.    Kontak dengan bahan berbahaya

Jenis kecelakaan kerja menurut penyebabnya

1.    Mesin

2.    Alat angkutan

3.    Peralatan

4.    Material dan bahan-bahan

5.    Lingkungan kerja

6.    Penyebab lain-lain (seperti hewan beracun atau buas)

Jenis kecelakaan menurut sifat luka

1.    Patah tulang

2.    Memar

3.    Luka bakar

 

C.   RESIKO PEKERJAAN DI BIDANG AKUNTANSI DAN KEUANGAN

1.    Kesalahan dalam proses akuntansi

a.    Kesalahan pencatatan dan rekonsiliasi

b.    Hanya menjadikan laporan sebagai pencatatan

c.     Tidak menyimpan bukti transaksi

2.    Kesalahan matematis saat berhitung

Factor risiko pekerjaan di bidang akuntansi

1.    Kurangnya ketelitian

2.    Tidak adanya pembagian tugas

3.    Tidak menerapkan standar yang di tetapkan

4.    Keterampilan dan sikap individu

5.    Kelelahan

 

Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran