Kamis, 05 November 2020

PEMBELAJARAN DENGAN E-BOOK | SIMDIG | 14

 

PEMBELAJARAN DENGAN E-BOOK

A. Pengertian E-Book ( Buku Digital )

E-book adalah bentuk digital dari buku cetak terdiri dari berbagai macam informasi digital “bisa text, gambar, audio, video” yang dapat dibuka melalui komputer, tablet, smartphone atau perangkat lainnya.

 

Sejarah dan Perkembangan Teknologi E-book

Sejarah dan perkembangan e-book tidak terlepas dari Proyek Gutenberg yang dirintis oleh Michael Hart pada 1971. E-book yang paling dahulu diimplementasikan adalah suatu prototipe desain yang dirancang dalam Dynabook yang menyisipkan PARC (komputer pribadi yang memiliki tujuan umum untuk dapat menampilkan buku bacaan).

B. Format E-Book

Adapun beberapa format E-Book yaitu:

1.    Docx

Format docx merupakan format dari Microsoft word yang mudah dan dan banyak di temui di lingkungan kita.


2.    PDF

Format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.


  1. JPEG

Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.


  1. LIT

Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar device mobile yang digunakan untuk membacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.

5.    HTML

Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.