Langsung ke konten utama

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING - ONLINE)

 

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING - ONLINE)

 

1.    Pengertian Komunikasi

Komunikasi telah digunakan sejak manusia pertama diturunkan ke mukabumi. Para ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut.

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan olehseseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambangyang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasimenggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah lakuseorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan(Effendy, 2000 : 13).Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentukgagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30).

Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknyajika Anda yang berbicara, saya mengerti.

 

2.    Jenis Komunikasi

Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.

a.    Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.

b.    Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakanbahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), ataugambar.

 

Berbekal pengetahuan jenis atau kategori komunikasi tersebut, dapatdikatakan bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atauinformasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan(menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau mediadigital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkataatau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture),serta tekanan atau tinggi nada suara.

 

3.    Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Setelah memahami makna komunikasi, sampailah kita pada KomunikasiDaring. Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, danberkomunikasi melalui / menggunakan jaringan komputer. (Warschauer,M. 2001 pp. 207-212)Dengan kata lain, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di manapenyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melaluijaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazimdisebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

 

Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukandengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace).Komunikasi virtual pada abad ini dapat dilakukan di mana saja sertakapan saja. Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah padapenggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukupefektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas sepertiweb, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster,facebook dan twitter.

 

4.    Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkandengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.

a.    Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring,setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapansaja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memilikisarana yang mencukupi.

b.    Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasidaring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemutatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biayatransportasi.

c.     Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harusmembuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasidapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupunkedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

d.    TerintegrasidenganlayananTIKlainnya:sambilmelakukankomunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnyauntuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut.Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar,presentasi, dan dokumen.

e.    Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorongorang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saatberkomunikasi di dunia maya

f.      Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akansemakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

 

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan,antara lain sebagai berikut.

a.    Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakantubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melaluikomunikasi daring.

b.    Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasidaring memerlukan adanya hardware, software.

c.     Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring,seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehinggamembuat bingung si penerima.

d.    Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempatdan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yanglain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

 

Postingan populer dari blog ini

FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS | KORESPONDENSI | 14

  A.       FORMAT SURAT BERBAHASA INGGRIS               B.       MENULIS SURAT BAHASA INGGRIS 1.        Formal letter Formal letter adalah surat yang di gunakan oleh instansi-instansi resmi Formal letter memiliki banyak ragam. Namun pada subbab kali ini kamu akan mempelajari invitation letter dan announcement letter. a.        Invitation letter (surat undangan) Bagian-bagian invitation letter 1)       Initial details Pada bagian awal memuat kop, alamat penerima, tanggal dan salam pembuka 2)       Introduction Perkenalan diri 3)       Body off letter Uraian semua informasi tentang acara 4)       Appreciation Apresiasi untuk tamu agar menghadiri undangan 5)       Conclusion Surat diakhiri dengan salam penutup b.        Announcement letter (surat pengumuman) Bagian-bagian announcement letter 1)       Letter head (kop surat) 2)       Date (tanggal) 3)       Inside address (pihak yang dituju) 4)       Subject (sub

MENGENAL MANAJEMEN KAS | OTKK | 12

MENGENAL MANAJEMEN KAS Manajemen kas adalah proses pengumpulan dan pengaturan kas perusahaan. Selain itu manajemen kas juga meliputi proses pemanfaatan kas untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Manajemen kas merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan solvabilitas (kesanggupan untuk membayar utang) perusahaan. Bendahara perusahaan atau manajer keuangan seringkali bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemen kas dan tanggung jawab lainnya yang berkaitan dengan kesanggupan membayar utang. Agar lebih memahami manajemen kas maka harus memahami arus kas berikut penjelasan arus kas. Arus Kas Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia definisi arus kas adalah “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas” Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa arus kas merupakan jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu. Aliran

MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA | ETIKA PROFESI | 14

 MENCEGAH RISIKO KECELAKAAN KERJA A.     PENGERTIAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan yaitu suatu kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan terjadi yang bisa membuat kacau proses yang sudah diatur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian baik untuk manusia dan atau harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki atua tidak direncanakan yang mengakibatkan kerugian untuk manusia, barang ataupun lingkungan.   B.     FAKTOR RESIKO TERJADINYA JECELAKAAN KERJA 1.     Faktor manusia Diantaranya kurangnya keterampilan atau pengetahuan tentang industri dan kesalahan penempatan tenaga kerja. 2.     Faktor material atau peralatannya Misalnya bahan yang seharusnya dibuat dari besi dibuat dengan bahan lain yang lebih murah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. 3.     Faktor sumber bahaya, meliputi: Perbuatan bahaya, misalnya metode kerja yang salah, sikap kerja yang teledor serta tidak memakai alat pelindung diri. Ko